Senin, 21 Desember 2009

Yang mengubah Takdir Hanya Doa

Adakah manusia yang tidak puas akan takdir Allah atas dirinya?
Hadits Nabi Shallallahu'alaih wa Salam menjelaskan bahwa taqdir yang Allah ta'aala telah tentukan bisa berubah,dan yang dapat mengubah takdir ialah Doa seseorang.
"Tidak ada yang dapat menolak takdir (ketentuan) Allah Ta'ala selain Doa.Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang)umur seseorang selain (perbuatan) baik."(HR Tirmidzi 2065).

Dengan doa seseorang bisa berharap bahwa taqdir yang allah ta'ala tentukan atas dirinya berubah.Hal ini merupakan suatu berita gembira bagi siapapun yang selama ini merasa hidupnya hanya diwarnai penderitaan dari waktu ke waktu.Ia akan menjadi orang yang optimis sebab keadaan hidupnya yang selama ini dirasakan hanya berisi kesengsaraan dapat berakhir dengan berubah asal dia tidak berputus asa dan terus berdoa dengan tulus dan bersungguh sungguh kepada Yang Maha Kuasa.
"Hai hamba hambaku yang melampau batas terhadap diri mereka sendiri,janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.sesungguhnya Allah Ta'ala mengampuni dosa dosa semuanya.Dialah yang maha pengampun dan maha penyayang Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu,sebelum datang azab datang padamu kemudian kamu tidak dapat ditolong".(QS Az-Zumar 53-54)

Sebaliknya orangyang tidak pernah kenal Allah Ta'ala dengan sendirinya akan meninggalkan kebiasaan berdoa dan memohon kepada Allah.ia akan terjatuh, pertama ia akan mudah putus asa kedua ia akan lari pada fihak lain untuk menjadi sandarannya demi merubah keadaan.
Padahal begitu ia bersandar kepada sesuatu selain Allah ta'ala maka pada saat itu pulalah Allah Ta'ala akan mengabaikan orang itu dan biarkannya berjalan mengikuti kondisi yang tersedia,dan orang itu termasuk orang yang mempersekutukan Allah Ta'ala dengan yang lain.dan orang itu dikatagorikan orang yang Musyrik.
"Berdoalah kepadaku niscaya akan kuperkenalkan bagimu sesungguhnya orang orang yang menyombongkan diri dari menyembah-KU akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina"(QS Al-Mu'min 60).

Janganlah berputus asa dari rahmat Allah Ta'ala.Bila anda merasa takdir Allah tentukan bagi anda tidak memuaskan,maka tengadahkanlah kedua tangan anda dan berdoalah kepada Allah yang Maha mendengar dan Maha berkuasa untuk mengubah takdir anda barangkali diantara doa yang baik untuk diajukan sebagai bentuk harapan agar allah mengubah taqdir,ialah doanya sebagai berikut :
"Ya Allah perbaikilah Agamaku untuku yang mana ia merupakan penjaga perkaraku,perbaikilah duniaku yang didalamnya terdapat kehidupanku,perbaikilah akhiratku untuku yang didalamnya terdapat tempat kembaliku. Jadikanlah hidupku ini sebagai tambahan untuku dalam setiap kebaikanku dan jadikanlah matiku sebagai istirahat untuku dari segala keburukan"(HR Muslim 4897)
((dari kolom ustadz Ihsan Tandjung))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar